Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

KESEHATANSeptember 27, 2018 Hits : 47



Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

Menciptakan lingkungan yang sehat tentu sudah menjadi tanggung jawab kita semua. Namun kesadaran masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan masih sangat rendah. Langkah awal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat adalah dengan memberikan materi promosi kesehatan. Promosi kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat individu atau kelompok dalam menciptakan lingkungan yang sehat yang dilakukan secara bersama-sama

Promosi kesehatan tidak hanya dilakukan di lingkungan rumah dan masyarakat, promosi kesehatan bisa dilakukan juga di tempat kerja dan sekolah. Sehingga nantinya mampu menciptakan masayrakat yang sehat.

Tujuan Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

Pada dasarnya konsep promosi kesehatan adalah menempatkan masyarakat sebagai subjek dan bukan objek, dan aktif bukan pasif menunggu. Upaya promosi kesehatan di tempat kerja dilakukan untuk memberdayakan masyarakat dilingkungan kerja untuk bisa mengenali masalah kesehatan dan bisa mengatasi dan melindungi kesehatannya sendiri dan meningkatkan tempat kerja yang sehat.

Tujuan Promosi Kesehatan di Tempat Kerja Antara Lain :

  • Meningkatkan kesadaran dalam melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ditempat kerja.
  • Menurunkan angka absensi karyawan karena masalah kesehatan.
  • Menurunkan angka penyakit dilingkungan kerja.
  • Mampu menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman.

Promosi kesehatan di tempat kerja memiliki dampak positif terhadap lingkungan kerja dan masyarakat. Konsep promosi kesehatan di tempat kerja yang terpenting adalah meningkatkan kesehatan para pekerja dan lingkungan kerja yang sehat..

Pada dasaranya promosi kesehatan di tempat kerja mampu melindungi pekerja baik didalam ataupun diluar tempat kerja, baik dari bahan berbahaya, stress ataupun lingkungan kerja yang tidak bagus. Adapun sasaran dalam promosi kesehatan di tempat kerja antara lain :

  • Primer : Karyawan di tempat kerja.
  • Sekunder : Pengelola K3, serikat atau organisasi pekerja.
  • Tertier : Pengusaha dan manajer/ Direktur.

Tujuan akhir dari promosi kesehatan di tempat kerja adalah mampu merubah perilaku pekerja dari gaya hidup tidak sehat mampu untuk melakukan perilaku hidup sehat. sehingga edukasi dan sosialisasi promosi kesehatan sangat penting dilakukan sehingga para karyawan semakin mudah untuk memahami dan menerapakannya.

Berikan Komentar Anda Disini :
Pada dasarnya tujuan promosi kesehatan adalah membangun karakter masyarakat dalam .