Promosi Kesehatan di Sekolah

KESEHATANSeptember 27, 2018 Hits : 104



Promosi Kesehatan di Sekolah

Pada dasarnya tujuan promosi kesehatan adalah membangun karakter masyarakat dalam melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta berperan dalam gerakan masyarakat melalui kegiatan promosi kesehatan yang sudah terintegrasi secara lintas program, lintas sektor, swasta dan masyarakat. Selain itu, Promosi kesehatan juga mampu meningkatkan kerjasama, antar masyarakat, antar kelompok, serta antar lembaga dalam rangka pembangunan berwawasan kesehatan.

Tidak hanya dilingkungan rumah saja, promosi kesehatan juga bisa dilakukan disekolah. Promosi kesehatan disekolah dilakukan dengan menanamkan nilai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang sudah terintegrasi dengan program usaha kesehatan disekolah (UKS) selain itu, guru dan masyarakat lingkungan sekolah menjadi mitra dalam mengembangkan promosi kesehatan disekolah

Para siswa sudah diberikan materi promosi kesehatan sehingga nantinya mereka sudah bisa menerapkan dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Konsep promosi kesehatan disekolah adalah dengan menanamkan nilai PHBS sehingga nanti bisa dilakukan secara maksimal.

Tujuan Promosi Kesehatan di Sekolah

Usia anak sekolah sangat baik untuk menanamkan nilai PHBS sehingga nantinya sudah terbiasa melakukan kegiatan PHBS. Sebab bukan tidak mungkin, ada berbagai macam bibit penyakit disekolah. Jika kondisi lingkungan sekolah tidak bersih tentu ini akan menjadi sumber berbagai penyakit. Oleh sebab itu melakukan promosi kesehatan disekolah tentubisa mengurangi penyebaran penyakit dan menciptakan kondisi sekolah yang sehat.

Tujuan promosi kesehatan di sekolah antara lain :

  • Agar siswa,guru dan masyarakat lingkungan sekilah bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat,aman dan nyaman
  • Meningkatkan pendidikan kesehatan disekolah
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan disekolah
  • meningkatkan peran siswa, guru dan masyarakat sekitar terhadap pentingnya kesehatan dilingkungan sekolah
  • Meningkatkan penerapan kebijakan sehat sebagai tujuan menciptakan promosi kesehatan disekolah.

Hasil promosi kesehatan di sekolah :

  • Anak-anak terbiasa melakukan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga akan terbawa ke dalam lingkungan rumah dan masyarakat.
  • Anak sekolah mampu menjadi kader kesehatan untuk keluarganya
  • Sekolah menjadi tempat pembelajaran promosi kesehatan untuk anak sekolah
  • Guru menjadi mitra dalam mengembangkan promosi kesehatan di sekolah
Berikan Komentar Anda Disini :
Menciptakan lingkungan yang sehat tentu sudah menjadi tanggung jawab kita .