Penyeru Salam "Merdeka" Itu Berpulang

MUSIKAugust 14, 2013 Hits : 1076



Merdeka! Seruan itu tentu kerap didengar mereka yang pernah bertemu dengan penyanyi kondang Kris Biantoro. Dalam banyak kesempatan, pemilik nama lengkap Christophorus Soebiantoro itu memekikkan kata "merdeka" kepada mereka yang ditemuinya.

Kini, seruan itu tak akan lagi terdengar dari mulutnya karena pemilik gelar kehormatan Veteran Pembela Kemerdekaan itu telah tutup usia. Belum diketahui penyebab meninggalnya tokoh yang belakangan getol menyerukan persatuan Indonesia ini.

Kris Biantoro lahir di Magelang, Jawa Tengah, 17 Maret 1938. Ia adalah suami dari Maria Nguyen Kim Dung, wanita asal Vietnam.

Menurut catatan Wikipedia, ketika duduk di bangku kuliah Universitas Atmajaya, Kris Biantoro bersama rekan-rekannya dengan sukarela dikirim ke Irian Barat. Menjadi relawan selama enam bulan dalam pembebasan Irian Barat atau Operasi Trikora membuatnya mendapat gelar kehormatan Veteran Pembela Kemerdekaan. 

Selain dikenal sebagai penyanyi, Kris Biantoro juga kondang sebagai master of ceremony atau MC dan aktor. Ia juga dikenal sebagai pelantun lagu "Dondong Opo Salak".

Pada 1964-1971, Kris hijrah ke Australia karena mendapat tawaran untuk menjadi staf di KBRI Australia. Di negara inilah Kris Biantoro bertemu dengan Maria Nguyen Kim Dung yang kemudian dipersunting. 

Kembali ke Tanah Air pada 1971, Kris bergabung dengan TVRI menjadi pembaca acara kuis dan terkenal, antara lain Dansa yo Dansa. 

Beberapa tahun terakhir, Kris menderita sakit ginjal kronis meski penyakitnya itu tak tampak, tertutupi oleh semangatnya. 

Berikan Komentar Anda Disini :