Pengen Tahu Isi Surat Gandhi ke Hitler?

Siapa yang tidak kenal akan sosok Adolf Hitler? Kediktatorannya memimpin tentara NAZI menjadikan Hitler salah satu aktor kunci Perang Dunia II yang masih melegenda hingga saat ini. 1800 dari profil Adolf Hitler yang kejam dan bengis adalah Mahatma Gandhi, sang juru damai asal India. Profil Gandhi yang tegas namun lembut dan cinta damai ini hingga saat ini banyak dijadikan suri teladan yang baik bagi masyarakat dunia.

Kedua tokoh legenda dunia tersebut memang hidup pada era yang sama, namun di wilayah dan kondisi yang berbeda. Meski tidak ada hubungan sama sekali, nyatanya ada satu bukti komunikasi yang terjalin tatkala Gandhi memberi surat Hitler.

Dalam surat Gandhi kepada Hitler tersebut kurang lebih tertulis permohonan Gandhi agar Hitler—sebagai tokoh yang memiliki peran besar dalam Perang Dunia II—mampu mencegah perang berkobar lebih besar lagi.

Terdapat dua surat yang dilayangkan Gandhi kepada Hitler. Pertama pada 23 Juli 1939 dan kedua pada 24 Desember 1940. Kedua surat itu bernada bersahabat karena Gandhi sendiri menggunakan kata sahabat “Dear Friend” di dalamnya.

Meski demikian, tidak ada yang tahu pasti apakah surat tersebut benar-benar sampai ke tangan Hitler atau tidak. Yang jelas tidak pernah ada respon atau balasan dari Hitler akan surat yang ditulis Gandhi tersebut. Kini surat-surat asli itu disimpan di Mani Bhavan, Mumbai, India.

Berikan Komentar Anda Disini :
Siapa yang tidak kenal dengan wanita satu ini? Pemeran film .
Masih banyak yang belum mengetahui, Buah Apel bukan hanya baik .
Siapa yang tidak kenal dengan wanita satu ini? Pemeran film .