Museum Ini Ditutup Karena Dikabarkan Memajang Barang Palsu

Memang tidak semua mueseum memamerkan barang asli. Namun juka barang yang dipajang tidak asli, pasti ada keterangan bahwa barang yang dipamerkan itu replika. Dengan begitu, tidak ada keraguan bagi para pengunjung yang melihat barang yang dipamerkan.

Tidak dengan museum yang berada di China ini. Museum ini terancam ditutup karena memamerkan benda-benda yang palsu serta ngawur, tidak sesuai dengan sejarah yang ada. Mereka memamerkan berbagai benda yang jelas-jelas tidak tercatat pada sejarah, bahkan mengaburkan asal muasal benda tersebut, menganggap bahwa benda yang dipamerkan terdapat pada suatu time line sejarah tertentu.

Meseum Jibaozhai di Jizhou, China memiliki 12 lorong pameran yang menurut mereka berisi benda bersejarah yang unik dan berharga. Namun, masalah yang cukup berat tengah menyandung museum ini. Berdasarkan kabar dari news.com.au, Jumat (19/7/2013), meseum yang disebut-sebut memiliki koleksi benda hingga 4.000 benda ini ditiduh memamerkan barang-barang palsu.

Menurut surat kabar lokal Shanghai Daily, ada barang yang diklaim berumur 4.000 tahun. Padahal ternyata, benda tersebut berasal dari abad 20 yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat seperti benda tua dan kuno.

Ada juga porselen 5 warna yang disebutkan dibuat pada zaman Dinasti Tang. Padahal, teknik 5 warna tersebut digunakan ratusan tahun setelah Dinasti Tang, tepatnya pada dinasti Ming. Dari tuduhan yang dikeluarkan, diduga barang yang berada di museum tersebut rata-rata hanya berharga sekitar 100 Yuan (Rp 160 Ribu) hingga 2.000 Yuan (Rp 32 juta).

Meski telah mendapat banyak tuduhan, Kepala Konsultan Museum Jibaozahi, Wei Yingjun tetap membela diri. Ia mengungkap bahwa barang yang bukan asli telah diberikan informasi sejelas mungkin agar tidak membingungkan para pengunjung.

Menurut Wei, setidaknya 80 dari seluruh benda yang dipamerkan di museum tersebut sudah dikonfirmasi keasliannya. Tidak mau kalah, Bagian Kurator Museum Jibaozhai, Shao Baoming turut membela dan mengatakan bahwa kalau sekitar setengah dari keseluruhan benda pameran yang dipajang merupakan barang yang asli.

Berikan Komentar Anda Disini :
Mungkin di antara kamu banyak yang tahu kalo Lady Gaga .
Artis yang jebolan Disney Miley Cyrus telah Membuat Orang disekitarnya .
Apa yang akan kamu lakukan jika pada suatu waktu melihat .