gambar tentang ibu hamil

Dalam kehamilan seorang wanita akan mengalami banyak perubahan. Mungkin salah satunya adalah perubahan kulit yang banyak disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti hormon estrogen, progesteron dan adanya peregangan kulit. Berikut empat masalah kulit yang seringkali muncul selama kehamilan.

Untuk itu wanita perlu memahami perubahan kulit yang sedang terjadi pada saat kehamilan. Tak sedikit wanita yang seaakan tidak memperdulikan masalah perubahan kulit yang sedang terjadi.

Berikut masalah kulit yang terjadi saat wanita sedang hamil :

• Strecthmarks (tanda peregangan kulit)
Stretch mark merupakan tanda parut berupa gurat-gurat putih yang muncul pada permukaan kulit, tak hanya di perut tapi juga pinggul dan paha. Hampir 90% tanda regangan ini ditemui di daerah perut ibu hamil. Tanda ini terjadi akibat perut yang membesar dan menyebabkan jaringan kolagen kulit menjadi lebih merekah/melebar.

masalah kulit pada wanita hamil

• Linea nigra (garis hitam memanjang di perut)

Pada perut ibu yang awalnya mulus akan tampak garis lurus tipis. Garis ini biasanya muncul di tengah perut dan memanjang dari ujung tulang kemaluan tepat diatas kandung kemih, melewati pusar hingga tepat di bawah tulang dada. Umumnya, sudah mulai tampak di awal-awal kehamilan (di bulan ke-4 atau ke-5).  Di trimester kedua, garis ini akan tampak lebih gelap dan nyata. Namun, setelah kehamilan selesai akan menghilang secara perlahan dan bertahap.

• Kulit kehitaman

Terutama di daerah puting susu (areola mamae), serta di bagian kemaluan terutama pada bibir vagina luar. Perubahan warna yang sebenarnya tidak terlalu drastis ini juga hanya masalah hormonal dan akan segera menghilang setelah melahirkan. Namun,  pada beberapa kasus ada yang menetap dan sayangnya tidak ada treatment apa pun untuk mengatasinya.
 

• Wajah kemerahan (pinkies)

Sebenarnya ini bukan masalah, karena wajah ibu hamil akan tampak lebih cerah dan segar. Kedua pipi yang tampak berwarna merah muda ini dikarenakan adanya arus darah yang meningkat semasa hamil. Saat ibu berbadan dua, jaringan kolagen kulit juga menjadi merekah dan lebih terbuka.  Semua itu membuat kulit di wajah tampak merah muda. Biasanya akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Berikan Komentar Anda Disini :