Makanan Paling Tidak Sehat untuk Disantap

Banyak makanan yang beredar di pasaran mengandung zat berbahaya bagi kesehatan. Tanpa disadari, makanan-makanan itu terus kita konsumsi setiap harinya tanpa takut akan bahayanya. Ada beberapa makanan yang harus diwaspadai untuk dikonsumsi. Agar tidak menyebabkan penyakit yang berbahaya, sebaiknya perhatikan daftar makanan di bawah ini:

 

1. Popcorn
Menonton film di bisokop belum lengkap rasanya jika belum ditemani makanan yang satu ini. Sebenarnya makanan ini bagus untuk memenuhi serat yang dibutuhkan tubuh. Tapi popcorn yang diolah menggunakan microwave mengandung asam perfluorooctanoic (PFOA). Sama seperti dengan kandungan yang ditemukan di teflon, panci dan wajan. Beberapa penelitian menunjukan hal ini sangat erat kaitannya dengan infertilitas, berat badan dan gangguan belajar.

Popcorn yang dicampur dengan mentega akan menghasilkan diacetyl (DA), sejenis bahan kimia yang memecah lapisan sel yang melindungi otak. Konsumsi dalam jumlah banyakdapat berimbas pada kesulitan belajar pada seseorang

2. Permen Warna -Warni
Norwegia, Swedia dan seluruh negara di Uni Eropa telah melarang peredaran makanan yang menggunakan pewarna buatan. Makanan yang mengandung zat adiktif harus disertai dengan label yang menyebutkan "Efek samping dari makanan ini dapat menyebabkan penurunan aktivitas dan perhatian anak-anak Bahkan beberapa peneliti telah menemukan pewarna makanan buatan nomor lima dan enam yang berwarna kuning mengandung Attention Defcit Disorder (ADD) yang berbahya untuk anak-anak.

3. Jeli dan Selai dengan Gula Tambahan
Makanan seperti jeli dan selai yang diberi gula tambahan berpengaruh buruk terhadap serat alami yang dibutuhkan tubuh. Meningkatnya antioksidan seperti beta-karoten, lycopene dan leuitin akan membawa makanan-makanan itu keluar dari tubuh, sebelum sistem tubuh mendapat manfaat dari makanan tersebut. Sehingga tubuh tidak mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

4. Soda
Kandungan estrogen sintestis, flame retardants, dan bahan bakar roket dapat ditemukan dalam soda yang Anda minum. Padahal kandungan BPA dan estrogen sintetis digunakan untuk melunakan plastk yang melapisi botol minuman itu.

5. Sereal
Promosi mengenai sereal yang sehat ternyata dinilai para ahli gzi sebagai hal yang salah kaprah. Kandungan vitamin dan mineral yang tertulis pada kotak sereal, ternyata tidak banyak mengandung manfaat seperti yang masyarakat bayangan. Sereal diklaim sebagai makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tapi kandungan butylated hydroxytoluene (BHT) atau Butylated butylted (BHA) adalah bahan-bahan makanan yang di larang di Inggris, Australia, Selandia Baru dan Jepang karena dianggap sebagi karsinogenik.

6. Krimer Kopi
Kandungan yang terdapat pada krimer kopi dan tabir surya memiliki banyak kesamaan karena mengandung titnium dioksida, pemblokir radiasi ultrviolet yang berfungsi sebagai agen pemutihan.
Zat adiktif di dalamnya telah terbukti menyebabkan kerusakan hati pada tikus. Sehingga memiliki kemungkinan akan berimplikasi pada kesehatan manusia. Krimer juga dikemas dalam lemak trans, yang berpotensi meningkatkan kadar kolestrol seseorang. Kandungan itu juga telah terbukti mengurangi memori pada orang dewasa di bawah usia 45 tahun.

7. Daging Olahan
Saat ini daging banyak dioalah menjadi makanan praktis dan siap saji ke dalam bentuk olahan sosi, nugget dan masih banyk lainnya. Pada proses itu, tentu akan ditambahkan zat pengawet yang menggnggu kemampuan alami tubuh untuk mengolah gula. Sehingga berisiko meningkatkan serangan diabetes.Daging olahan juga banyak dimuat dengan natrium yang buruk, sehingga berkontribusi untuk memicu hipertensi, kemudian berkembang menjadi penyakit jantung.

 

 

Berikan Komentar Anda Disini :