Kuliner Dari Belanda Yang Ternyata Sering Kita Cicipi Di Indonesia

Berbicara tentang Kuliner, tentunya Belanda menjadi salah satu negara yang punya pengaruh paling kuat bagi perkembangan budaya kita. Menjadi negara jajahan Belanda selama 350 tahun membuat bangsa kita sedikit-banyak bersentuhan dengan budaya negeri kincir angin.Akibatnya beberapa unsur budaya dari Belanda terserap dan membaur dengan budaya lokal.

banyak masakan atau kuliner yang sekarang dikonsumsi masyarakat Indonesia ternyata merupakan peninggalan Belanda. Tidak mengherankan karena memang Belanda memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan budaya Indonesia. Setidaknya selama masa penjajahan, budaya bangsa Indonesia bersentuhan langsung dengan budaya Belanda. Dan menurut The Javanese, banyak diantara masakan di Indonesia justru berakar dari Belanda.

Beberapa Masakan indonesia yang sama dengan masakan belanda :

  • Semur Daging

Meski memiliki cita rasa lokal, semur erat kaitannya dengan sejarah masakan Belanda. Kata semur sendiri berasala dari Bahasa Belanda ‘Smoor’ yang artinya rebusan. Disana, smoor diartikan sebagai daging yang direbus dengan tomat dan bawang dalam waktu yang cukup lama. Dalam buku resep tertua, Groot Nieuw Oost-Indisch Volledig Kookboek, yang terbit pada masa penjajahan, sedikitnya terdapat 6 macam resep smoor. Diantaranya, Smoor Ajam I, Smoor Ajam II, Smoor Ajam III, Solosche Smoor van Kip, Smoor Bantam van Kip dan Smoor Bandjar van Kip.

  • Perkedel

Perkedel atau begedel gorengan khas Indonesia dikenal sebagai frikadeller di Belanda. gorengan berbahan dasar kentang dan daging dari Belanda ini sebenarnya diadaptasi Belanda dari kuliner berupa gorengan daging cincang di Denmark. Di Indonesia sendiri, perkedel bisa dibuat dari berbagai bahan, mulai dari kentang, jagung, tahu, dan yang lainnya.

  • Lapis Legit

Lapis Legit adalah makanan manis yang sering disajikan pada jamuan gaya kolonial atau rijsttafel. Kala itu, Lapis Legit disebut spekkoek. Kue ini mirip dengan kue lapis asal Eropa. Bedanya, kue ini ditambah rempat-rempah khas Asia Tenggara. Namun mmumnya spekkoek memiliki warna kuning dan coklat. Di Indonesia spekkoek memang dikenal sebagai kue lapis legit resep Indonesia-Belanda. Kue ini memang terinspirasi dari kue Belanda, namun bahan dasar yang digunakan dari campuran rempah Indonesia yang sangat disukai orang Eropa, seperti kapulaga, kayu manis, adas manis dan cengkeh.

  • Kroket

Di negara asalnya, Kroket merupakan gorengan berbentuk lonjong, terbuat dari ragout dan dilapisi tepung panir. Tidak berbeda jauh dengan di Indonesia, kroket dibuat dari tumbukan kentang dan isian rogout digoreng hingga warnanya berubah kecoklatan. Hanya saja, saat ini cita rasa kroket Indonesia sudah mempengaruhi resep kroket asal Belanda tersebut.

  • Kue Cubit

Kue cubit masih bersaudara dengan kue pukis. Kue ini juga berakar dari kuliner Belanda. Ada kemungkinan, kue cubit diadaptasi dari poffertjes, panekuk mini yang diperkenalkan Belanda saat menjajah Indonesia. Tidak jauh dengan Indonesia, di Belanda, poffertjes terkenal juga sebagai jajanan pinggir jalan. Bahkan, bahan dasar dan cara pembuatan kue inipun nyaris sama.

Berikan Komentar Anda Disini :