Hii.. Ada daging kambing palsu yang terbuat dari tikus di china

Rupanya, China tak hanya dikenal sebagai negara yang hobby memalsukan produk elektronik. Makananpun tak luput dari incaran para oknum nakal yang tinggal di China untuk dipalsukan. Baru-baru ini terungkap bahwa daging yang dijual sebagai daging kambing ternyata aslinya terbuat dari daging tikus!

Kepolisian China telah memutus jaringan kriminal yang menjual daging tikus, rubah, dan cerpelai (sejenis musang) sebagai daging olahan berkedok daging kambing. Sebanyak 63 orang tersangka yang terkait dengan jaringan kriminal tersebut sudah ditangkap.

Salah satu pelaku yang bernama Wei mengaku mereka menggunakan bahan-bahan tambahan untuk membuatnya terasa seperti daging kambing dan bumbu-bumbu lainnya supaya daging ini menjadi awer. Kemudian, ia menjualnya sebagai daging kambing di beberapa pasar Provensi Shanghai dan Jaingsu, RRC. Sejak tahun 2009, diperkirakan nilai penjualan daging kambing palsu tersebut ditaksir lebih dari 10 juta yuan (Rp 15.8 Miliar).

Menurut Kementrian Keamanan Masyarakat China, sejak akhir Januari sudah leih dari 900 orang tersangka pemalsuan makanan yang akhirnya ditangkap karena memproduksi dan menjual produk daging olahan palsu atau daging tercemar. Lebih dari 20.000 ton daging tersebut disita setelah polisi membubarlan pabrik-pabrik makanan ilegal.

Meski polisi telah melakukan serangkaian usaha demi menuntaskan masalah ini, kejahatan keamanan pangan kian hari kian marak terjadi. Situasi barupun muncul setiap harinya, dengan karakteristik baru pula. Hal ini semakin menandakan bahwa setiap hari semakin sulit untuk mendapat makanan yang sehat dan segar. Dengan iming-iming harga yang murah, para pelanggan bisa saja tertipu dengan makanan-makanan bertipe sama seperti diatas.

Kejadian di China ini diharap juga menjadi pelajaran bagi para pedagang di Indonesia. Memang belakangan ini juga terjadi kasus yang mirip-mirip seperti ini mulai dari penggunaan formalin, pewarna tekstil dan bahan kimia lainnya hingga kasus penipuan dengan bahan pangan yang terbuat dari hewan-hewan yang kotor. Semoga kasus ini segera hilang dan membuat pasar-pasar di Indonesia kembali menjajakan bahan makanan yang segar seperti sedia kala. Apalagi saat ramadhan seperti ini, banyak sekali oknum-oknum yang memanfaatkan momen ramadhan dengan cara berjualan makanan tidak sehat.

Berikan Komentar Anda Disini :
NAMA Gordon Ramsay populer ke seluruh dunia sebagai mahaguru memasak .
Bagi seorang pria, tentu sudah menjadi kewajiban untuk bisa menjaga .
Bagi para penggemar Ed Sheeran tentu saat ini patut bergembira. .